"LOVE YOUR JOB BUT NEVER FALL IN LOVE WITH YOUR COMPANY"

Seorang CEO sebuah perusahaan IT dari India berbicara dalam sebuah sesi
dengan para karyawan tentang filosofi ini. CEO tersebut termasuk dalam 50
orang paling berpengaruh dalam dunia bisnis di Asia (dirilis oleh majalah
Asiaweek).


INTINYA CERITANYA ADALAH :

CINTAILAH PEKERJAANMU, TAPI JANGAN PERNAH JATUH
CINTA KEPADA PERUSAHAANMU, KARENA KAMU TIDAK PERNAH TAHU KAPAN
PERUSAHAANMU BERHENTI MENCINTAIMU

- Narayana Murthy.

Bagi yang tertarik membaca pandangan dia secara mendalam, berikut kutipan
kata-katanya:


"Saya sering menjumpai orang-orang yang bekerja selama 12 jam sehari, 6
hari seminggu, atau lebih. Beberapa diantaranya melakukan hal tersebut
karena diburu-bur u oleh deadline, memenuhi target yang telah ditetapkan.
Bagi mereka, waktu-waktu panjang yang penuh lembur hanyalah bersifat
sewaktu-waktu saja. Ada pula yang menjalani jam-jam panjang dalam hari-hari
mereka selama bertahun-tahun: entah karena orang-orang ini merasa telah
mengabdikan diri sepenuhnya kepada pekerjaan, atau bisa juga disebut
workaholic.

Apapun alasan yang orang buat untuk bekerja lembur, kondisi tersebut
berpengaruh TIDAK BAIK kepada orang yang menjalani maupun orang-orang
sekitarnya. Berada dalam kantor selama berjam-jam dalam rentang waktu yang
lama, bisa menimbulkan potensi yang cukup besar bagi yang menjalaninya untuk
membuat kesalahan. Rekan-rekan saya yang saya kenal sering bekerja lembur,
sering membuat kesalahan karena faktor kelelahan. Membetulkan
kesalahan-kesalahan ini tentu saja membutuhkan waktu dan tenaga tidak saja
dari dirinya sendiri, melainkan orang lain yang secara langsung maupun tidak
langsung bekerja bersamanya.

Masalah lain adalah orang-orang yang bekerja pada perusahaan yang
menetapkan waktu kerja yang ketat seringkali bukanlah orang-orang yang
secara pergaulan menyenangkan. Para karyawan dari perusahaan dengan tipe
seperti ini sering mengeluh atau komplain mengenai orang lain (yang tidak
bekerja sekeras mereka). Mereka menjadi mudah tersinggung, dan mudah marah.
Orang-orang lain menjauhi mereka. Perilaku semacam ini secara organisasi
tentunya merupakan masalah besar: hasil besar akan dicapai oleh sebuah
organisasi apabila ada jalinan harmonis dalam kerja sama tim antar
karyawannya, bukannya bekerja sendiri-sendiri dan saling menjauhi.

Sebagai seorang manajer, saya harus membantu orang lain untuk meninggalkan
kantor tepat waktu. Langkah pertama dan terpenting adalah saya lah yang
harus memberi contoh dan pulang ke rumah tepat waktu. Saya bekerja dengan
seorang manajer yang menyindir orang-orang yang bekerja lembur terlalu lama.
Ajakannya menjadi kehilangan makna ketika ora ng-orang menerima emailnya dan
melihat jam email tersebut dikirim ternyata jam 2 pagi. Untuk mengajak orang
melakukan suatu hal, langkah terpenting adalah memberi contoh dengan
melakukannya sendiri.

Langkah kedua adalah mengajak orang untuk menjalani hidup yang seimbang.
Sebagai contoh, berikut ini adalah langkah-langkah yang menurut saya cukup
membantu:

1) Bangun pagi, sarapan dengan menu yang baik, lalu berangkat bekerja.
2) Bekerjalah dengan keras dan pintar selama 8 atau 9 jam sehari.
3) Pulanglah ke rumah
4) Baca buku atau komik, menonton film yang lucu, kumpul-kumpul dengan
rekan-rekan.
5) Makan yang sehat dan tidur yang cukup

Langkah-langkah ini disebut sebagai recreating. Mengerjakan langkah 1, 3, 4,
dan 5 akan memungkinkan langkah 2 dilakukan secara efektif dan seimbang.

Bekerja secara normal dan mempertahankan hidup yang seimbang adalah konsep
yang sederhana. Langkah-langkah tersebut mungkin akan sulit dilakukan oleh
sebagian orang karena orang tersebut akan menganggap perlunya perubahan
mendasar yg bersifat personal pada dirinya. Sebenarnya langkah-langkah ini
memungkinkan untuk dilakukan oleh setiap orang, karena kita memiliki
kekuatan untuk memilih apa yang akan kita lakukan.

"LOVE YOUR JOB BUT NEVER FALL IN LOVE WITH YOUR COMPANY"

Comments

Popular posts from this blog

Kesuksesan adalah: