MOTIVASI
1 Korintus 10:1-11:1
“....: jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah” (ay. 31)

Motivasi adalah dasar untuk berbuat sesuatu. Allah tidak tertarik dengan perbuatan baik kita tetapi Allah tertarik “mengapa kita berbuat baik?”. Seringkali kita berbuat baik karena kita mengharapkan sesuatu. Dengan motivasi tersebut, kita akan melihat kekecewaan. Jika motivasinya untuk kemuliaan nama-Nya kita tidak akan mengalami kekecewaan. Jadi kecewa atau tidaknya kita, sangat tergantung dari motivasi.

Dalam kita berbuat sesuatu dengan motivasi untuk memuliakan Tuhan, pastilah akan banyak penghambatnya.
Penghambat pertama adalah masalah-masalah kehidupan yang terasa begitu berat. Sering kita berpikir, “Bagaimana kita bisa memuliakan nama Tuhan kalau hidup kita penuh penderitaan atau tekanan?” Ingatlah bahwa setiap manusia pasti mengalami pencobaan, jadi kita tidak sendirian. Pencobaan yang kita alami adalah pencobaan-pencobaan yang biasa dan tidak akan melebihi kekuatan kita. Dan ditengah-tengah pencobaan, Allah setia sehingga Dia akan memberikan kekuatan dan jalan keluar bagi kita.

Penghambat kedua yaitu kompromi-kompromi dengan dunia. Dunia ini banyak sekali menawarkan kesenangan-kesenangan yang semu yang akan menjebak kita kepada dosa. Hal ini lama kelamaan akan mematikan iman kita. Kalau iman kita hidup, kita akan cenderung melawan arus (tidak kompromi dengan dunia). Setiap kali kita kompromi, maka akan ada saja masalah yang timbul.

Penghambat ketiga yaitu aturan-aturan dunia ini (ay. 27). Aturan-aturan di dunia ini seringkali membuat kita jauh dari Tuhan. Pertanyaannya, bagaimana menghadapi aturan dunia ini? Sikap kita adalah menghadapinya dengan biasa saja asal kita tahu posisi kita yang dekat dengan Tuhan. Ingatlah bahwa Roh yang ada di dalam kita lebih besar dari pada roh dari dunia ini, sehingga kita bisa menjadi berkat dan saksi Tuhan.

Penghambat keempat, adalah perasaan orang yang berbeda-beda (ay. 29). Dengan tindakan yang sama, ada orang yang merasa senang, dan ada orang yang tidak senang. Tetapi tugas kita adalah tetap berbuat baik, hidup dalam ketulusan dan melakukan segala hal dengan motivasi yang benar. (dns)

Doa:
Tuhan, ajar dan tuntun kami agar kami dapat melakukan segala sesuatu dengan motivasi yang benar. Amin.
MOTIVASI YANG BENAR MENUNTUN KITA UNTUK MELIHAT RAHASIA-RAHASIA ALLAH DIBUKAKAN
PS: Dari renungan harian si HQ....

Comments

Popular posts from this blog

Kesuksesan adalah: